SAYA MOHON MAAF JIKA DI DALAM BLOG SAYA TERDAPAT KESALAHAN DAN KEKURANGAN DALAM MEYAMPAIKAN KARNA SAYA JUGA MANUSIA YANG TIDAK LEPAS DARI KESALAHAN BAGI PENGUNJUNG MOHON KRITIK DAN SARANNYA UNTUK SAYA

Friday, April 24, 2015

PROGRAM PUBLIC RELATION




BAB I
PENDAHULUAN

1.      Latar Belakang
Kedudukan, peranan dan tugas Public Relations dalam sebuah organisasi (perusahaan/ pemerintahan), jelas sengatlah penting. Sehingga pelaksanaan aktivitasnya harus dikemas seefektivas mungkin. Dan ini di antaranya bisa diraih dengan cara mempesiapkan dan mengaplikasikan program Public Relations dengan baik dan tepat.
Dalam bukunya Effective Public RelationsM. Cultip & Allen H Center  menyebutkan, program Public Relations melalui proses empat tahapan:
1.      Research Listening (Penelitian dan Mendengarkan).
Dalam tahap ini Public Relions Officer mempelajari opini, sikap,. Dan reaksi publik terkait terhadap kebijakan atau produk organisasi. Dalam tahap ini ditetapkan suatu fakta dan informasi yang berkaitan langsung dengan kepentingan organisasi, yakni What’s our problem?
2.      Planning Decission ( Perencanaan pengambilan keputusan).
Memberikan sikap, opini, ide, dan reaksi yang berkaitan dengan kebijaksanaan. Dilakukan pula penetapan program, kerja organisasi yang sejalan dengan kepentingan atay keinginan-keinginan pihak berkepentingan, Here’s what what we can do?
3.      Communication -Action ( Mengkomunikasikan dan Pelaksanaan). 
Menjelaskan dan sekaligus menfasirkan informasi mengenai langkah-langkah yang akan dilakukan, diharapkan bisa mempengaruhi pihak-pihak tertentu yang penting dan berpotensi mendukung program organisasi. Here’s what we didi and why?
4.      Evaluation (Mengevaluasi).
Mengadakan penilaian.evaluasi terhadap program dan hasil kerjas aktivitas public relations. How did we do?
Ke empat tahapan tersebut. Satu sama lain berkaitan sangat erat. Karena untuk mendapatkan hasil maksimal, semua tahapan harus dilaksanakan dengan baik. Setiap tahap dalam program public relations itu.
2.      Rumusan Masalah
1)      Apa saja program yang dilaksanakan Public Relation?
3.      Tujuan Penulisan
1)      Mengetahui apa saja program yang dilaksanakan Public Relation
BAB II
PEMBAHASAN
Dalam merencanakan beberapa program Public Relation yang akan dilaksanakan, yang mana bertujuan untuk memberikan citra yang baik bagi suatu organisasi atau perusahaan. Program-program tersebut meliputi :
1)      Menganalisa prilaku umum dan hubungan organisasi terhadap lingkungan.
2)      Menentukan dan memahami secara benar prilaku tiap-tiap kelompok terhadap organisasi.
3)      Menganalisasi tingkat opini publik, baik yang intern (internal public) maupun yang ekstern (external public).
4)      Mengantisipasi kecenderungan-kencenderungan , masalah-masalah potensial, kebutuhan-kebutuhan dan kesempatan-kesempatan.
5)      Menentukan formulasi dan meurumuskan kebijakan-kebijakan.
6)      Merencanakan alat atau cara yang sesuai untuk meningkatkanatau mengubah prilaku masayarakat sasaran. Termasuk membuat budget/anggaran biaya operasionalnya.
7)      Menjalankan dan melaksanakan aktivitas-aktivitas sesuai dengan program yang telah direncanakan. (Lihat kembali bahasan Tugas dan Peranan Public Relations)
8)      Menerima umpan balik untuk dievaluasi, kemudian mengadakan penyesuaian-penyesuaian yang diperlukan.

Adapun perencanaan yang di perlukan dalam pelaksanaan program Public Relations, yaitu:
a.       Untuk menetapkan target-target operasi humas yang nantinya akan menjadi tolak ukur atas segenap hasil yang diperoleh.
b.      Untuk memperhitungkan jumlah jam kerja dan berbagai biaya yang diperlukan.
c.       Untuk menyusun skala prioritas guna menentukan:
·         Jumlah program
·         Waktu yang diperlukan untuk melaksanakan segenap program humas yang telah diprioritaskan itu
d.      Untuk menentukan kesiapan atau kelayakan pelaksanaan berbagai upaya dalam rangka mencapai tujuan-tujuan tertentu sesuai dengan jumlah dan kualitas:
·         Personil yang ada
·         Daya dukung dari berbagai peralatan fisik seperti alat-alat kantor, mesin cetak, kamera, kendaraan, dan sebagainya
·         Anggaran dana yang tersedia

Hal-hal yang perlu diingat dalam perencanaan program Public Relations:
1.      Jam kerja
2.      Prioritas
3.      Penentuan waktu
4.      Sumber daya
5.      Peralatan
6.      Anggaran

Ø  Adapun tujuan yang akan dicapai dalam pelaksanaan program Public Relation
1.      Untuk mengubah citra umum di mata khalayak sehubungan dengan adanya kegiatan-kegiatan baru yang dilakukan oleh perusahaan.
2.      Untuk meningkatkan bobot kualitas para calon pegawai
3.      Untuk menyebarluaskan suatu cerita sukses yang telah dicapai oleh perusahaan kepada masyarakat dalam rangka mendapatkan pengakuan.
4.      Untuk memperkenalkan masyarakat kepada masyarakat luas, serta membuka pasar-pasar baru
5.      Untuk mempersiapkan dan mengkondisikan masyarakat bursa saham atas rencana perusahaan untuk menerbitkan saham baru atau saham tambahan.
6.      Untuk memperbaiki hubungan antara perusahaan itu dengan khalayaknya, sehubungan dengan telah terjadinya suatu peristiwa yang mengakibatkan kecaman, kesangsian, atau salah paham di kalangan khalayak terhadap niat baik perusahaan.
7.      Untuk mendidik para pengguna atau konsumen agar mereka lebih efektif dan mengerti dalam memanfaatkan produk-produk perusahaan.
8.      Untuk meyakinkan khalayak bahwasanya perusahaan mampu bertahan atau bangkit kembali setelah terjadinya suatu krisis.
9.      Untuk meningkatkan kemampuan dan ketahanan perusahaan dalam menghadapi resiko pengambilalihan (take-over) oleh pihak-pihak lain.
10.  Untuk menciptakan identitas perusahaan yang baru
11.  Untuk menyebarluaskan informasi mengenai aktivitas dan partisipasi para pimpinan perusahaan organisasi dalam kehidupan sosial sehari-hari.
12.  Untuk mendukung keterlibatan suatu perusahaan sebagai sponsor dari suatu acara.
13.  Untuk memastikan bahwasanya para politisi benar-benar memahami kegiatan-kegiatan atau produk perusahaan yang positif, agar perusahaan yang bersangkutan terhindar dari peraturan, undang-undang, dan kebijakan pemerintah yang merugikan.
14.  Untuk menyebarluaskan kegiatan-kegiatan riset yang telah dilakukan perusahaan, agar masyarakat luas mengetahui batapa perusahaan itu mengutamakan kualitas dalam berbagai hal.

Ø  Adapun biaya yang harus diperhatikan dalam melaksanakan program Public Relations
Public Relation merupakan kegiatan yang padat karya, sehingga pos pengeluaran terbesar dihabiskan untuk pemakaian jam kerja alias gaji personil. Pos pengeluaran lain yang cukup besar akan tercipta bila pelaksanaan kegiatan Public Relation itu juga melibatkan pemakaian alat-alat canggih seperti kamera video, komputer, hingga mesin cetak modern. Adakalanya, pos-pos pengeluaran itu dialihkan ke anggaran yang lain misalnya saja ke anggaran dokumentasi.

Ø  Pengukuran Keberhasilan atau Kegagalan dalam pelaksanaan program Public Relations
Teknik-teknik yang digunakan untuk mengenali situasi sering juga dimanfaatkan guna mengevaluasi berbagai hasil yang telah dicapai dari segenap kegiatan-kegiatan program Public Relations, yang telah dilaksanakan. Metode pengumpulan pendapat atau uji sikap (attitude test) merupakan dua metode yang paling lazim digunakan.
Unsur lain yang bisa digunakan sebagai metode tolak ukur adalah liputan oleh media massa. Sikap-sikap media massa yang lebih simpatik terhadap suatu organisasi bisa pula dipandang sebagai salah satu bukti keberhasilan atas segenap kegiatan humas yang telah dilaksanakan oleh organisasi itu.










BAB III
PENUTUP

1.      Kesimpulan
Apabila program humas usai dilaksanakan, maka guna mengukur hasilnya kita bisa memanfaatkan keempat belas tujuan yang ada sebelumnya sebagai suatu tolak ukur atau bahan perbandingan.
Hal terakhir yang perlu ditegaskan di sini adalah setiap pelaksanaan program Public Relation harus dilaksanakan secara sungguh-sungguh dan profesional. Sebelumnya, segala sesuatunya harus sudah direncanakan secara cermat, dengan mengacu pada tujuan-tujuan yang hendak dicapai. Segala sesuatunya harus dibuat sepraktis mungkin agar mudah dipahami dan diterima (disetujui) oleh pihak manajemen.





No comments:

Post a Comment