SAYA MOHON MAAF JIKA DI DALAM BLOG SAYA TERDAPAT KESALAHAN DAN KEKURANGAN DALAM MEYAMPAIKAN KARNA SAYA JUGA MANUSIA YANG TIDAK LEPAS DARI KESALAHAN BAGI PENGUNJUNG MOHON KRITIK DAN SARANNYA UNTUK SAYA

Wednesday, April 1, 2015

BAI'AT ABU DZAR ATAS LIMA PERKARA

  Diriwayatkan oleh Ahmad dari Abu Dzar r.a , katanya : Rosulullah saw. telah
membaiatkan atas lima perkara,  mengambil janji yang kuat rariku atas tujuh perkara dan menjadikan Allah sebagai saksi atasku dalam tujuh perkara, Diantaranya : supaya aku tidak takut celaan siapa pun yang mencerca dalam membela agama Allah.
            Abu Dzar berkata : Suatu saat Rosulullah saw. memanggilku dan berkata" maukah engkau berbai'at  dan kamu akan mendapatkan Jannah ?"
            Aku berkata :"ya", kemudian aku mengulurkan tangaku.
Rosulullah saw bersabda, "jangan lah kamu meminta apapun dari manusia."
            Jawabku :" Ya."
Sabdanya lagi ." Tidak juga cambukmu jatuh dari peganganmu sampai kamu turun untuk mengambilnya sendiri."
            Dalam riwayat lain di sebutkan bahwa Rosulullah saw.Bersabda."Kemudian 
pahamilah, hai ABu Dzarr, apa yang akan di katakan kepadamu sesudah enam hari ini ( Rosulullah saw menangguhkan selama enam hari untuk syarat berikutnya."
Setelah hari ke tujuh , Rosulullah saw. bersabda," Aku mewasiatkan kepadamu suapaya
bertakwa kepada Allah dalam urusanmu yang rahasia maupun terang terangan, dan apabila kamu melakukan kejahatan, hendaknya di ikuti dengan melakukan kebaikan dan jangan lah kamu meminta apapun dari seseorang  walaupun cambukmu jatuh (jangan meminta tolong seseorang mengambilnya). dan janga lah kamu menerima suatu amanah pun (dengan tidak menunaikannya).

Demikian tentara dalam kitab at Targhib (1/100) Di riwayatkan oleh Ahmad dan Annasa'i dan yang lainnya secara ringkas.

No comments:

Post a Comment